Puspita, Janengky Audia and Fransiska, Timoria Samosir and Lailatus, Sa'diyah (2024) IMPLEMENTASI BIBLIOTERAPI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI JANENGKY AUDIA PUSPITA - Janengky Audia Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui seperti apa
Implementasi Biblioterapi di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Bengkulu dapat
mempengaruhi minat membaca dan perkembangan emosional serta kognitif siswa
dengan disabilitas berkebutuhan khusus. Penelitian ini juga ingin mengeksplorasi
bentuk-bentuk biblioterapi yang diterapkan dan dampaknya terhadap siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bentuk terapi membaca yang diterapkan
di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Bengkulu, menilai pengaruh biblioterapi
terhadap minat baca dan perkembangan siswa disabilitas, menyediakan wawasan
tentang efektivitas penggunaan buku sebagai alat bantu dalam proses penyembuhan
dan pengembangan diri siswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan naratif, adapun teknik
mengumpulkan data melibatkan dokumentasi mengumpulkan data dari dokumen
terkait biblioterapi yang diterapkan di sekolah, wawancara dengan guru,
pustakawan, dan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan informasi mendalam
mengenai biblioterapi, observasi mengamati pelaksanaan biblioterapi di sekolah
dan interaksi siswa selama kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk
biblioterapi yang diterapkan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Bengkulu
meliputi kegiatan bercerita (storytelling), membaca, permainan alat edukatif, dan
dzikir setiap pagi. Adapun pengaruh biblioterapi terjadi peningkatan kemampuan
membaca pada siswa, guru menyampaikan bahwa biblioterapi membantu dalam
pengembangan kognitif dan emosional siswa. Biblioterapi yang diterapkan di
Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Bengkulu menunjukkan hasil positif dalam
meningkatkan minat baca serta perkembangan kemampuan membaca siswa
disabilitas. Bentuk-bentuk biblioterapi seperti membaca. Storytelling, permainan
alat edukatif, dan dzikir pagi terbukti efektif dalam mendukung kebutuhan
emosional dan kognitif siswa. Penelitian ini menyarankan bahwa implementasi
biblioterapi dapat menjadi strategi yang bermanfaat dalam pendidikan inklusif
untuk siswa dengan kebutuhan khusus.
Kata Kunci : Biblioterapi, Disabilitas, Minat Baca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Library and Information Science |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29032 |