PROTOTYPE ORGANISASI CILIK MOHAMAD AMIN (OSCIMA) SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MOHAMAD AMIN DARUNNAJAH 15 KOTA BENGKULU ( STUDI KASUS MEMBENTUK KEMAMPUAN ORGANISASI)

Prayudha, Aryo Ihsan and Citra, Dwi Palenti and Ririn, Gusti (2025) PROTOTYPE ORGANISASI CILIK MOHAMAD AMIN (OSCIMA) SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MOHAMAD AMIN DARUNNAJAH 15 KOTA BENGKULU ( STUDI KASUS MEMBENTUK KEMAMPUAN ORGANISASI). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
FIXXX CETAK SKRIPSI ARYO BAB 1-5 4 AGUSTUS - Aryo Ihsan prayudha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Prototype Program
Kepemimpinan Santri di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Mohamad Amin Darunnajah
15 Kota Bengkulu. Program ini dirancang untuk membentuk karakter dan keterampilan
komunikasi santri serta kemampuan organisasi melalui pendekatan pendidikan yang
komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
studi kasus, melibatkan wawancara, dokumentasi dan observasi dengan kepala TPQ,
ustadz, dan ustadzah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kepemimpinan di
TPQ sudah berjalan namun belum terstruktur dan hanya berkelanjutan Program
Kepemimpinan di TPQ mengedepankan pendekatan pendidikan yang komprehensif,
dengan penekanan pada pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan
komunikasi. Proses pembelajaran dan Program Kepemimpinan tidak hanya berfokus pada
aspek akademik, tetapi juga pada akhlak, tahfidz, fikih, bahasa Arab, tajwid, dan public
speaking. Meskipun demikian, Program Kepemimpinan menghadapi tantangan signifikan,
seperti rendahnya kesadaran masyarakat sekitar TPQ dan orang tua santri terhadap
pentingnya pendidikan agama, serta kelelahan santri akibat jadwal sekolah formal yang
padat. Kolaborasi yang kuat antara ustadz dan ustadzah serta dukungan dari orang tua
menjadi kunci keberhasilan Program Kepemimpinan. Sesi sharing dan pemberian arahan
yang rutin diadakan memberikan ruang bagi santri untuk berbagi pengalaman dan
mengelola emosi santri. Peneliti telah merancang model awal dari Program Kepemimpinan
yang telah mencapai ke tahap pembentukan struktur organisasi Kepemimpinan santri
(OSCIMA) di TPQ dan berorientasi pada pembentukan karakter, pengembangan
komunikasi santri, dan pengembangan kemampuan sosial emosional santri. Penelitian ini
merekomendasikan peningkatan kualitas pembimbingan bagi ustadz dan ustadzah, serta
evaluasi berkala terhadap program yang ada. Dengan demikian, diharapkan Program
Kepemimpinan di TPQ Mohamad Amin Darunnajah 15 dapat terus berkembang dan
memberikan manfaat yang lebih besar bagi santri dan masyarakat, serta menjadi model
bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan program serupa.
Kata kunci: Program Kepemimpinan, Taman Pendidikan Al-Qur'an, Kecerdasan
Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:11
Last Modified: 13 Oct 2025 08:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor