KEBUTUHAN BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF-SKB) KOTA BENGKULU

Rachel Dwi Putri, Sipayung and Ririn, Gusti and Citra, Dwi Palenti (2025) KEBUTUHAN BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF-SKB) KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
RACHEL DWI PUTRI SIPAYUNG (A1J021002)1 - Dwi putri Sipayung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan belajar warga
belajar Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar
(SPNF SKB) Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kebutuhan belajar terbagi menjadi kebutuhan terasa dan kebutuhan terduga.
Kebutuhan terasa yang paling utama adalah menyelesaikan pendidikan yang
tertunda dan memperoleh ijazah setara SMA sebagai syarat melamar
pekerjaan dan melanjutkan pendidikan. Faktor internal warga belajar berasal
dari dorongan diri sendiri, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan
sekitar, tuntutan kerja, pengaruh teman sebaya dan dukungan keluarga. Faktor
ekonomi menjadi penyebab utama kesenjangan kebutuhan belajar karena
sebagian besar warga belajar harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan
hidup, sehingga sulit membagi waktu antara belajar dan bekerja. Pada awal
pembelajaran, banyak warga belajar merasa minder karena lama tidak
sekolah, namun suasana belajar yang kondusif. Kebutuhan terduga terlihat
dari strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi warga belajar
melalui metode tatap muka dan pembelajaran mandiri menggunakan modul.
Kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap juga ditemukan, Selain
itu, kesenjangan antara kondisi ideal dan aktual terlihat dari rendahnya
keaktifan warga belajar yang dipengaruhi pekerjaan dan tanggung jawab
rumah tangga. Pembelajaran paket C dilaksanakan dua kali seminggu,
didukung oleh sumber daya seperti bantuan pemerintah, ruang belajar,
perpustakaan, dan akses internet.
Kata Kunci: Kebutuhan Belajar, Paket C, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:11
Last Modified: 13 Oct 2025 08:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor