Kurniati, Yolanda and Sofino, Sofino and Lenni, Mantili Hutauruk (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANDRAGOGI DALAM PROGRAM PAKET C PADA WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) PEREMPUAN KELAS II B KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI-Yolanda Kurniati_A1J021004 - Yolanda k _004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pra-pelaksanaan pembelajaran,
penerapan prinsip dan model yang diterapkan pada pembelajaran andragogi bagi
warga LAPAS perempuan kelas II B Bengkulu. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Partisipan terdiri dari
satu orang pengelola LAPAS, dua orang tutor dan dua orang warga binaan. Hasil
penelitian menyimpulkan pra-pelaksanaan dimulai dengan identifikasi kebutuhan
belajar yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan, pengalaman hidup, dan
motivasi warga binaan, serta melibatkan berbagai pihak terkait dalam menciptakan
suasana belajar yang kondusif dan fleksibel. Penerapan prinsip andragogi yang
meliputi kebutuhan belajar dari dorongan internal, kemandirian belajar,
pemanfaatan pengalaman, kesiapan belajar, orientasi pada pemecahan masalah, dan
motivasi internal. Adanya model pembelajaran mandiri atau Self-Directed Learning
(SDL), Partisipatif, pembelajaran berbasis pengalaman atau Experiental Learning
pada warga binaan dan adanya perubahan dalam cara berpikir, sikap dan kesadaran
diri motivasi intrinsik, serta semangat untuk memperbaiki diri dan berkontribusi
positif setelah bebas.
Kata Kunci: Pembelajaran andragogi, warga binaan, program paket C
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:12 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 08:12 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29063 |

