Gushevinalti, Gushevinalti and Yuliati, Yuliati (2024) PENGARUH KRITIK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT HASANUDDIN DAMRAH KOTA MANNA BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-TARA FADILLA MELLIZA-D1E020020 - tara fadilla melliza fadillamelliza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kritik di media sosial
terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Hasanuddin
Damrah Kota Manna Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus Organism Response). Asumsi teori S-
O-R bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas
rangsang (stimulus) yang berkomunikasi dengan organism. Responden dalam
penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik non-probability sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi pustaka yang
relavan. Data yang kuesioner yang telah disebarkan kepada 87 responden
dianalisis menggunakan program SPSS versi 21. Adapun data kuesioner yang
dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian
menujukan bahwa kritik di media social (X) berpengaruh terhadap terhadap
peningkatan kualitas pelayanaan kesehatan di rumah sakit Hasanuddin Damrah
Kota Manna Bengkulu Selatan (Y). hal ini didasarkan pada hasil perbandingan
9,223 >1,662 yang berarti Ha dapat diterima dan HO ditolak. Penelitian ini
menemukan besar pengaruh kritik di media social terhadap peningkatan kualitas
pelayanaan kesehatan sebesar 41,1% dan 58,9% dipengaruhi oleh faktor lain
diluar daripada variabel. Berdasarkan hal ini, kritik di media sosial berpengaruh
terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit Hasanuddin
Damrah Kota Manna Bengkulu Selatan.
Kata kunci : Kritik ,media social, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:04 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29095 |