PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

Utami, Heni Tri and Dalifa, Dalifa and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
(UNIB)_SKRIPSI_HENI_TRI_UTAM_compressed - Heni Tri Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran smart box terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
(IPAS) siswa kelas V di SDN Gugus III Kota Bengkulu. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperiment dan
desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus III Kota Bengkulu. Sampel
penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu
sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 57 Kota Bengkulu sebagai
kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes pretest dan posttest
berbentuk soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis
pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,217 > 2,021)
dan Sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
hasil belajar pada kedua kelompok disebabkan adanya perlakukan berbeda, yaitu
pembelajaran dengan menggunakan media smart box pada kelompok eksperimen
dan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media smart box pada
kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan media pembelajaran smart box terhadap hasil belajar IPAS
siswa kelas V SDN gugus III Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Media smart box

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:21
Last Modified: 14 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200