PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

Anjuni, Revi Dwi and Irfan, Supriatna and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ALLAHUAKBAR CETAK SKRIPSI ANJUN REVISI 3_compressed (1) - Ita Anjuni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture
and Picture berbantuan media flashcard terhadap kemampuan berhitung permulaan
peserta didik kelas I di SDN Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan
desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sekolah di SDN Gugus III Kota
Bengkulu, sementara sampel yang digunakan adalah siswa kelas I A SD Negeri 03
Kota Bengkulu dan I B SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan
berupa tes kemampuan berhitung permulaan dalam bentuk soal uraian sebanyak 6
butir, yang dilaksanakan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yang
digunakan meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan
uji-t. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada
tingkat signifikansi 5%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar
88,81, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,67, sehingga terdapat selisih nilai
rata-rata sebesar 22,14. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,483 > 1,683),
yang menunjukkan adanya perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol yaitu pembelajaran menggunakan model picture and picture berbantuan
media flashcard dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran
Picture and Picture terhadap kemampuan berhitung permulaan peserta didik kelas
I di SDN Gugus III Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Picture and Picture, Flashcard, Kemampuan Berhitung Permulaan,
Pengaruh Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:21
Last Modified: 14 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29188

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200