Sari, Devita Rahma and Dalifa, Dalifa and Atika, Susanti (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI PEMBUATAN ECOBRICK SDN 17 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKIRPSI_DEVITA RAHMA SARI - Devita Rahma Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk
karakter peduli lingkungan sekolah melalui pembuatan ecobrick. Pendekatan
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini 2 orang guru dan 3 peserta didik kelas V
SDN 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri menggunakan
pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik
keabsahan data melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa guru melaksanakan beberapa strategi dalam membentuk
karakter peduli lingkungan melalui pembuatan ecobrick yang dilihat dari 5
indikator, yaitu menyediakan tempat sampah dan tempat cuci tangan memadai,
membiasakan hemat air dengan cara mengontrol peserta didik saat mencuci sampah
plastik dan botol bekas untuk ecobrick dan meletakkan ember di bawah kran air
supaya airnya dapat digunakan kembali, kemudian membentuk kader hemat energi
untuk mengontrol peserta didik dalam menghemat air, guru juga mengajak peserta
didik mengerjakan ecobrick di luar ruangan dengan memanfaatkan cahaya alami
untuk menghemat lampu, guru membiasakan memisahkan jenis sampah anorganik
dan organik, menyediakan peralatan kebersihan, dan mengadakan program cinta
lingkungan melalui kegiatan ecobrick. Strategi tersebut dapat membentuk karakter
peduli lingkungan pada peserta didik, seperti dapat merawat lingkungan,
menghemat air dan lampu, dan dapat memanfaatkan barang bekas. Namun dalam
penelitian ini, peserta didik masih belum dapat mengelola sampah dengan benar,
seperti saat memilah sampah, peserta didik masih ada yang membuang sampah
tidak sesuai dengan jenisnya. Kesimpulan penelitian ini yaitu guru sudah
melaksanakan strategi tersebut namun masih belum dapat membuat peserta didik
mampu memilah sampah dengan benar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Peduli Lingkungan, Ecobrick
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29196 |