PENERAPAN M ODEL PEM BELAJARAN STU DENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS VB SDN 74 KOTA BENGKULU

Irnanda, Annisha Shabrina and Dalifa, Dalifa and Nani, Yuliantini (2025) PENERAPAN M ODEL PEM BELAJARAN STU DENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS VB SDN 74 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Annisha Shabrina Irnanda Perpus UNIB-dikompresi - Annisha Shabrina Irnanda_Universitas Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar IPAS Kelas VB SDN 74 Kota Bengkulu dengan menggunakan model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) berbantuan media
Wordwall. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas
dan siswa kelas VB SDN 74 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar oservasi
aktivitas siswa, dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata rata
skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai dalam setiap
kriteria. Data tes diolah dengan menggunakan rumus rata rata nilai dan persentase
keberhasilan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I
masih belum optimal sehingga diperbaiki pada siklus II. Hasil aktivitas guru pada
siklus I memperoleh skor 25,5 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus
II skor 36,5 dengan kategori baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh
skor 24 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II skor 37,5 dengan
kategori baik. Pada aspek Pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata rata
70,51 dengan persentase 61%, Pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai
rata-rata 81,67 dengan persentase 87%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
Student Facilitator And Explaining (SFE) berbantuan media Wordwall pada
pembelajaran IPAS kelas VB SD Negeri 74 Kota Bengkulu dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Student Facilitator And Explaining, Wordwall,
aktivitas, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:21
Last Modified: 14 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29198

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200