Sari, Cindy Tri Purnama and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2025) PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CINDY TRI PURNAMA SARI_A1G021066_compressed - Cindy Tri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media poster
berbasis canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
kelas IV SDN kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif
dan menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang
digunakan adalah the matching only pretest-posttest control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN dengan
akreditasi B pada gugus XII di kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini
adalah kelas IV SDN 35 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol dan kelas
IV SDN 99 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian ini
didapatkan melalui pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen soal
tes pilihan ganda. Data yang telah didapatkan dianalisis dengan statistik
deskriptif dan analisis inferensial dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan
bahwa nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai
(2,058) > (1,680) dan Sig. (2-tailed) 0,046 < 0,05 artinya Ha
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media poster
berbasis canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
kelas IV SDN kota Bengkulu.
Kata Kunci: Matematika, Canva, Media Poster, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29201 |