Suryani, Liza and Irfan, Supriatna and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Liza Suryani_A1G021062 - liza suryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Quizizz
terhadap minat belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus III Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
quasy experiment dan desain penelitian yang digunakan The Matching Only
Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
gugus III Kota Bengkulu dengan sampel yakni siswa kelas VA SD Negeri 03 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SD Negeri 03 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui cluster radom sampling.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test yang dirancang dalam
bentuk pernyataan kuesioner. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas
kontrol sebesar 57.42 dan kelas eksperimen sebesar 63.69. Hasil uji hipotesis pada
kelas eksperimen menunjukkan hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar
0,002 lebih kecil dari 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar
siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol karna adanya perbedaan perlakuan
yaitu penggunaan media pembelajaran Quizizz. Berdasarkan hal tersebut
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap minat
belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus III Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Minat belajar, Media Quizizz, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29205 |