Yunarman, Meji and Herman, Lusa and Neza, Agusdianita (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SDN 77 SELUMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MEJI YM_CETAK DISTRIBUSI (1) - Penyimpanan Meji ym.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning
dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas III SDN 77 Seluma. Metode
yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui
dua siklus. Adapun subjek dalam penelitaian ini adalah siswa kelas IIV SDN 77
Seluam yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
dengan observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru
pada siklus I memperoleh nilai 75.6% dengan kategori baik dan siklus II meningkat
menjadi 84.5% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I
memperoleh nilai 70% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi
84% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I
yaitu 66.5% dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 90%
dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Discovery Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar
tematik siswa kelas III SDN 77 Seluma.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29207 |