PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA FASE A SDN 09 KOTA BENGKULU

Aisyi, Nadilla Rihadatul and Gumono, Gumono and Yuli, Amaliyah (2025) PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA FASE A SDN 09 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Nadilla rihadatul aisyi unib - Nadila Rihadatul Aisyi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SAS (Struktural
Analitik Sintetik) terhadap kemampuan menulis permulaan siswa Fase A di SDN
09 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas II di SDN 09 Kota Bengkulu yang terdiri dari 3 kelas yaitu
IIA, IIB, dan IIC. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik cluster random
sampling, sehingga diperoleh 24 siswa kelas IIA SDN 09 Kota Bengkulu sebagai
kelas eksperimen dan 26 siswa kelas IIB SDN 09 Kota Bengkulu sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes menulis permulaan yang
berjumlah 5 soal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest
kelas eksperimen sebesar 76,04, sedangkan kelas kontrol sebesar 66,35. Hasil uji
independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,251 lebih besar dari
ttabel = 1,677 dan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelompok,
yang disebabkan oleh perbedaan perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh metode SAS terhadap kemampuan menulis permulaan
siswa Fase A SDN 09 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Metode SAS, Menulis Permulaan, Siswa Fase A

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:57
Last Modified: 14 Oct 2025 03:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200