Apriyanti, Widya and Irfan, Supriatna and Pebrian, Tarmizi (2025) PENGARUH WORDWALL BERBANTUAN GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi perpus unib_merged_compressed - Widya Apriyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan, yang
berdampak pada rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Studi ini bertujuan untuk
menganalisis dampak penggunaan Wordwall dengan bantuan gamifikasi terhadap
motivasi belajar matematika siswa kelas lima di SD Negeri Gugus III, Kota
Bengkulu. Dalam Quasi-eksperimental ini, SDN 25 Kota Bengkulu berfungsi
sebagai kelompok kontrol dan SDN 03 Kota Bengkulu berfungsi sebagai kelompok
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest
posttest control group desaign. Pada tahap pretest, tidak ada perbedaan signifikan
dalam motivasi belajar antara kelompok kontrol (menggunakan media
konvensional) dengan skor rata-rata 31,00 dan kelompok eksperimen
(menggunakan Wordwall) dengan skor rata-rata 29,96. Namun, hasil posttest
menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok.
Uji independen sampel t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 (p <
0,05), yang menunjukkan bahwa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata 39,59
dibandingkan dengan kelompok eksperimen yang memiliki skor rata-rata lebih
tinggi yaitu 40,82, sehingga menghasilkan motivasi belajar yang secara signifikan
lebih tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dengan bantuan
gamifikasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, yang
menghasilkan perbedaan signifikan dalam motivasi belajar matematika di antara
siswa kelas lima di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu ketika menggunakan
Wordwall dengan bantuan gamifikasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa Wordwall berbantuan gamifikasi efektif dalam meningkatkan
motivasi belajar matematika siswa kelas V.
Kata kunci: Matematika, Motivasi Belajar, Wordwall, Gamifikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29209 |