Wulandar, Siti and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS XI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SITI WULANDARI-1 - Siti Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Canva terhadap
kemampuan literasi budaya dan Kewargaan pada pendidikan Pancasila kelas III di
gugus XII, dengan sampel SDN 81 dan SDN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy
eksperiment dan menggunakan desain penelitian The Macthing Only Pretest-
Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN
81 dan SDN 20 Kota Bengkulu. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa SDN
81 Kota Bengkulu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan Siswa SDN 20 Kota
Bengkulu kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan soal
pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Nilai rata-rata yang dihasilkan oleh
tes ini, pembelajaran kelas eksperimen dengan menggunakan media berbasis Canva
yang memperoleh nilai rata-rata postest sebesar 79,00. Nilai ini lebih tinggi jika
dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol tanpa media grafis berbasis
aplikasi Canva yaitu diperoleh rata-rata posttest sebesar 70,45. Hasil uji
Independent Sample t-Test pada data posttest memperoleh nilai thitung bernilai dan
sig.(2-tailed) pada nilai soal posttest adalah 0,041. Adapun nilai distribusi ttabel
untuk df = N-2 (40-2 = 38) adalah 1,685 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel yakni
(2,110 > 1,685) dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,041 yang artinya nilai tersebut lebih
kecil dari 0,05 atau (0,041 < 0,05). Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata
nilai postest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dikarenakan adanya
perbedaan perlakukan antara kedua kelompok tersebut, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pada nilai rata-rata posttest kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen terhadap kemampuan literasi budaya dan kewargaan pada
pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila, Canva, Literasi Budaya dan Kewargaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29213 |