Dianisa, Titin and Gumono, Gumono and Yuli, Amaliyah (2025) KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Titin Dianisa A1G021157 - Titin Dianisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan menulis teks
deskripsi siswa kelas V SDN 67 Kota Bengkulu. Jenis metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode metode penelitian kuantitatif
deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis statistik
deskriptif. Adapun, sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa kelas V. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SD
Negeri 67 Kota Bengkulu dikategorikan kurang baik. Hal ini didasarkan dari hasil penilaian
2 orang penilai yaitu peneliti sendiri dan wali kelas V yang memperoleh skor 51,5 dengan
rincian 2 siswa termasuk ke dalam kategori baik, 14 siswa termasuk dalam kategori cukup
baik, dan 13 siswa siswa termasuk kategori kurang baik. Ketercapaian kemampuan siswa
dalam setiap aspek menunjukkan data diantaranya pada aspek isi gagasan telah mencapai
75,27% nilai pembobotan, struktur teks deskripsi mencapai 76,05% namun masih lemah
pada aspek tata bahasa yang mencapai 32%, pilihan kata 10,93%, serta ejaan dan tanda
baca mencapai (45,5%). Dengan demikian, kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri
67 Kota Bengkulu perlu adanya peningkatan kemampuan menulis, terutama pada aspek
tata bahasa, pilihan kata, serta ejaan dan tanda baca.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:56 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:56 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29214 |

