Wulandari, Tri and Dwi, Anggraini and Ike, Kurniawati (2025) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PADA PEMBUATAN KERAJINAN DARI KULIT JAGUNG DALAM PENGUATAN P5 SISWA KELAS V SDN 3 BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Tri Wulandari_A1G021121_ - Tri Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam
pembuatan kerajinan kulit jagung untuk penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) siswa kelas V SDN 3 Bengkulu Selatan. Penelitian kualitatif
deskriptif ini melibatkan guru kelas V dan 20 siswa sebagai subjek. Pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis
data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data
melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
berperan aktif dalam memfasilitasi pembelajaran, di antaranya: (1) menyediakan
langkah-langkah jelas dalam pembuatan kerajinan melalui demonstrasi lisan dan
praktik langsung, (2) menyediakan bahan kulit jagung bagi kelompok yang
kekurangan bahan, (3) menyajikan video tutorial sebagai media pembelajaran, (4)
menyediakan sesi tanya jawab untuk mengatasi kesulitan siswa, (5) berperan
sebagai teman diskusi untuk mendorong kreativitas dan kolaborasi siswa, (6)
membimbing siswa secara aktif dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan, dan (7)
menetapkan batasan waktu pengumpulan hasil kerajinan. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam pembuatan
kerajinan dari kulit jagung sangat krusial untuk mengoptimalkan keterampilan dan
kreativitas siswa. Guru tidak hanya memberikan bimbingan teknis tetapi juga
menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif dan mendukung. Penelitian
ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidik dalam mengimplementasikan P5,
khususnya melalui pemanfaatan bahan daur ulang seperti kulit jagung, serta
memperkuat dimensi gotong royong dan kreativitas siswa.
Kata Kunci : Guru, Fasilitator, Kulit Jagung, Penguatan P5
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29215 |