PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SMARTBOX BERBASIS QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Bella, Zahra Salsa and Feri, Noperman and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SMARTBOX BERBASIS QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ZAHRA SALSA BELLA_A1G021109_compressed (1) - Zahra Salsa Bella.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran
Smartbox Berbasis Quick Response Code (Qr Code) terhadap Minat Belajar
Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri Kecamatan Gading
Cempaka Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode
quasi eksperimen. Desain penelitian adalah The Matching Only Pretest-
Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD
Negeri Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu yang terakreditasi A,
menerapkan kurikulum Merdeka, memiliki empat kelompok belajar, dan
dilengkapi teknologi memadai seperti chromebook, proyektor, dan jaringan
WiFi. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling
sehingga diperoleh IV A sebagai kelompok eksperimen yaitu SDN 05 Kota
Bengkulu dan IV B sebagai kelompok kontrol yaitu SDN 24 Kota Bengkulu.
Instrumen yang digunakan adalah angket terdiri dari 10 pernyataan yang
diberikan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data adalah analisis
kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan analisis
inferensial dengan uji-t. Hasil perhitungan rata-rata posttest kelompok
eksperimen sebesar 40,34 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelompok
kontrol sebesar 35,38. Hasil uji-t posttest menunjukkan nilai sig. (2-tailed)
sebesar 0,002< 0,05 yang berarti H₀ ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil
tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media smartbox berbasis Qr
Code terhadap minat belajar siswa.
Kata Kunci: IPAS, Smartbox, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:57
Last Modified: 14 Oct 2025 03:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29221

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200