Nisa, Chairun and Pebrian, Tarmizi and Atika, Susanti (2025) viii PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV GUGUS V KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI__Chairun Nisa_A1G021148_2025 Terbaru - Chairun Nisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Flipped
Classroom terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Gugus V Kota Bengkulu. Penelitian
ini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan desain
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerapkan
model Flipped Classroom, sementara kelompok kontrol menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest,
kemudian dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Rata-
rata posttest kelas eksperimen sebesar 75,86 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
sebesar 67,59. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,032 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan
model Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta
didik. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Flipped Classroom dalam
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan
Pancasila kelas IV gugus V Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Flipped Classroom, kemampuan berpikir tingkat tinggi, Pendidikan
Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29222 |