Sabila, Neta and Pebrian, Tarmizi and Ike, Kurniawati (2025) viii STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA BATIK DEDAUNAN MENGGUNAKAN TEKNIK ECOPRINT KELAS V SDN 25 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Neta Sabila_A1G021017_Skripsi - Neta Sabila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kreativitas dalam proses pembuatan batik
dedaunan dengan teknik ecoprint pada siswa kelas V SDN 25 Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa
kelas V. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan, reduksi,
penyajian, dan verifikasi data dengan keabsahan diuji melalui triangulasi dan
member check. Kreativitas dianalisis berdasarkan empat indikator: fluency
(kelancaran berpikir), flexibility (keluwesan berpikir), originality (keaslian), dan
elaboration (elaborasi). Pada indikator fluency, kelompok 1 cepat menyepakati ide
utama, sedangkan kelompok 2 dan 3 menunjukkan diskusi yang dinamis. Flexibility
terlihat dari kemampuan semua kelompok menyesuaikan diri terhadap tantangan
dalam proses. Originality tampak pada ide desain, pemilihan daun, dan penataan
motif yang dikembangkan secara mandiri. Elaboration terlihat saat siswa
menambahkan berbagai jenis daun untuk memperkaya desain serta menyesuaikan
proses penjemuran agar hasil maksimal. Kesimpulannya, setiap kelompok
menunjukkan indikator kreativitas dalam proses pembuatan batik ecoprint. Dalam
satu proses, dapat muncul lebih dari satu indikator kreativitas pada masing-masing
kelompok.
Kata Kunci: Batik, Ecoprint, Kreativitas, Pounding, Seni Rupa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29232 |