IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI E-LEARNING ADAPTIF MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

REVITASARI, SANDRA and Purwandari, Endina Putri and Andreswari, Desi (2020) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI E-LEARNING ADAPTIF MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A016075_SANDRAREVITASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Belajar pada umumnya merupakan aktivitas individu untuk mencari dan
memperoleh pengetahuan, pengalaman maupun informasi melalui bahan belajar
ataupun dari lingkungan. Untuk mendapatkan pengetahuan, seseorang
menggunakan cara belajar yang berbeda-beda. Cara belajar yang digunakan oleh
seseorang tersebut dalam belajar disebut juga dengan gaya belajar. Salah satu
jenis gaya belajar adalah gaya belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK). Untuk
gaya belajar visual, siswa lebih bisa belajar dengan cara melihat. Sedangkan untuk
gaya belajar auditori, siswa lebih suka belajar dengan cara mendengarkan.
Berbeda lagi dengan gaya belajar kinestetik, siswa jenis ini lebih tertarik belajar
dengan cara mempraktekkan langsung. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan
proses pembelajaran adalah e-learning. Dalam perkembangannya e-learning
diharapkan mampu mengatasi permasalahan cara belajar seorang siswa dengan
menghadirkan pembelajaran yang adaptif terhadap karakteristik siswa. E-learning
adaptif merupakan suatu upaya meningkatkan sistem e-learning agar lebih efektif
dengan mengadaptasi penyajian informasinya, seperti dalam bentuk video, audio
dan animasi. Maka dari itu, pada penelitian ini penulis bermaksud merancang
suatu sistem yang dapat mengidentifikasi gaya belajar siswa sekolah dasar dengan
jenis gaya belajar VAK melalui e-learning adaptif menggunakan algoritma Naïve
Bayes. Metode ini digunakan untuk menghitungkan probabilitas nilai dari
pengisian pre test, post test 1, post test 2, post test 3 dan hasil akhir gaya belajar
setiap siswa. Hasil tersebut akan ditampilkan dalam bentuk persentase pre test dan
persentase probabilitas masing-masing post test.
Kata kunci : Siswa, Gaya Belajar, VAK, E-learning Adaptif, Naive Bayes

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:17
Last Modified: 14 Oct 2025 02:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200