UPAYA MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN USAHA IKAN HIAS AIR TAWAR DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU

Sugara, Feby Wahyu and Hajar, G. Pramudyasmono and Diyas, Widiyarti (2024) UPAYA MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN USAHA IKAN HIAS AIR TAWAR DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI FEBY WAHYU SUGARA D1F018017 - Febi Saja.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketertarikan mahasiswa di Kota Bengkulu
dalam mengembangkan usaha ikan hias air tawar, dan pendapatan yang diperoleh dari
usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional James S. Coleman.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini terdiri
dari lima orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketertarikan mahasiswa
dalam memelihara ikan hias air tawar karena hobi, memanfaatkan fasilitas yang sudah
ada di rumah seperti kolam yang sudah tidak digunakan agi yang kemudian dimanfaatkan
untuk membudidaya ikan hias air tawar, faktor lingkungan seperti motivasi dan dorongan
dari teman untuk melalukan budidaya ikan hias air tawar dan faktor ekonomi yang kurang
dalam memenuhi kebutuhan sehingga mengharuskan informan untuk melakukan usaha
budidaya ikan. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengembangkan budidaya ikan hias
air tawar seperti menyiapkan kolam, menyeleksi induk ikan, pemijahan (perkawinan)
ikan, pemberian pakan, dan pemanenan ikan. Mahasiswa mengelola waktu antara
tanggung jawab kuliah dengan tanggung jawab dalam pekerjaan memelihara ikan hias
yaitu dengan memanfaatkan waktu libur kuliah dan bisa juga memanfaatkan waktu
setelah selesai melakukan kegiatan perkuliahan, sedangkan untuk melakukan pemasaran
mereka hanya melakukan di rumah saja dengan cara pemasaran ikan hias air tawar
melalui promosi media sosial berupa whatsapp dan facebook, tidak hanya melakukan
pemasaran melalui media sosial saja tetapi juga melakukan penjualan secara langsung.
Omset penjualan ikan hias air tawar setiap minggu sekitar Rp. 700.000/minggu.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah di lakukan, dapat disimpulkan bahwa
mahasiswa dalam membudidaya ikan hias air tawar melakukan beberapa cara seperti
persiapan kolam, seleksi induk, pemijahan, pemberian pakan, dan pemanenan ikan.
Adapun cara mahasiswa membagi waktu antara kuliah dengan membudidaya ikan hias
air tawar itu dengan menggunakan hari libur, atau di waktu yang senggang. Adapun faktor
yang melatar belakangi ketertarikan mahasiswa dalam membudidaya ikan hias air tawar
yaitu karena hobi, memanfaatkan fasilitas yang ada seperti kolam ikan, faktor lingkungan
seperti motivasi dari teman untuk memulai usaha budidaya ikan hias dan faktor ekonomi
yang dialami informan sehingga mengharuskan informan melakukan budidaya ikan hias.

Kata Kunci : Pengembangan usaha, Ikan Air Tawar, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:31
Last Modified: 15 Oct 2025 02:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200