BENNI, SAPUTRA and Slamet, Mulyono and Ganefi, Ganefi (2016) TANGGUNG JAWAB PT. PLN (PERSERO) RAYON KAUR DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN LISTRIK TERHADAP KONSUMEN DI KABUPATEN KAUR MENURUT UNDANG-UNDANG NO 25 TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah suatu perusahaan yang menyediakan
kebutuhan listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia. PLN sebagai sumber tenaga listrik harus
mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan/konsumennya. Konsumen
listrik sering dikecewakan oleh pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN. Padahal di Indonesia
telah memiliki berbeberapa peraturan perundang-undangan yang melindungi konsumen.
Perundang-undangan yang bersifat untuk melindungi konsumen sebagai publik atau sebagai
di sebut sebagai konsumen, Undang-Undang yang melindungi hak-hak pengguna listrik
yakni Undang-Undang no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik,Undang-Undang Nomor
15 Tahun 1985 tentang Ketenagalistrikan, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2002 juga tentang
Ketenagalistrikan, serta berbagai peraturan pemerintah yang mendukungnya. Di dalam skripsi
ini dibutuhkan data yang akurat sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan,
sehingga dapat diambil suatu kesimpulan dalam bentuk teori maupun prakteknya. Ada dua
metode pengumpulan data yang digunakan yaitu study kepustakaan yaitu pencarian serta
penelitian yang dilakukan berdasarkan sumber-sumber bacaan, wawancara yaitu suatu usaha
yang dilakukan secara sistematis dan ilmiah untuk memperoleh suatu keterangan.
Kesimpulan yang dapat ditarik dalam skripsi ini adalah bentuk tanggung jawab yang harus
dipenuhi oleh PLN serta pelayanan yang lebih baik diberikan oleh PLN sehingga tidak
mengecewakan konsumen/pelanggan yang memakai jasanya dalam kehidupan sehari-hari.
Yang lebih penting bentuk pertanggung jawaban yang diterima konsumen apabila terjadi tidak
dipenuhinya hak-hak konsumen oleh PLN. Saran yang dapat diberikan untuk skripsi adalah
PLN harus dapat memenuhi hak-hak konsumen serta konsumen lebih meningkatkan
kualitasnya agar konsumen tidak merasa dirugikan oleh kurangnya pelayanan yang diberikan
oleh PLN.
Kata kunci : Tanggung jawab, Konsumen, Pelayanan Publik,PLN.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29428 |