Julia, Defa and Hidayat, Koto and Ika, Gusriani (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BIPANG MENGGUNAKAN METODE CSI DAN IPA (Studi pada Home Industry Bipang Tanjung Sakti di Kab.Lahat). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI BISMILAH ACC CETAK defa - Defa Julia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Bipang merupakan makanan yang terbuat dari beras atau beras ketan yang digoreng
dan dicampur dengan gula karamel. Bipang berasal dari bahasa mandarin “bi” yang artinya
beras dan “pang” artinya wangi sehingga istilah penamaan makanan ini dikategorikan
berdasarkan sifatnya..salah satu home industry yang mengolah beras ketan menjadi bipang
adalah home industry “Bipang Tanjung Sakti” milik Ibu Nipi Herlianti, yang sudah
berproduksi sejak tahun 2006. serta memiliki memiliki sertifikat P-IRT, izin usaha, sertifikat
halal. Home Industry ini terletak di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi,
Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepuasan konsumen adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance
Analysis (IPA). Metode CSI (Customer Satisfaction Index) diperlukan dalam menentukan
tingkat kepuasaan konsumen secara keseluruhan. Sedangkan metode IPA (Importance
Performance Analysis) adalah suatu metode untuk mengukur atribut dari tingkat
kepentingan (importance) dan tingkat kinerja (performance) yang dapat digunakan untuk
pengembangan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan mendapatkan peta atribut yang
diinginkan serta dipertahankan pada home industri Bipang Tanjung Sakti.
Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel berdasarkan kriteria yang
ditetapkan oleh peneliti (Purposive Sampling) dengan memilih secara langsung pelanggan
yang sudah pernah mengkonsumsi produk Bipang Tanjung Sakti yang menjadi responden.
Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan rumus lemeshow untuk
menentukan jumlah sampel dengan total populasi yang tidak diketahui secara pasti atau
berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Hasil penelitian diperoleh perhitungan indeks kepuasan konsumen didapat nilai
sebesar 85,61 % yang berarti tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Bipang Tanjung
Sakti masuk ke dalam kriteria sangat puas. Hasil diagram kartesius menyatakan bahwa
kondisi kemasan adalah atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan dan
ditingkatkan kinerjanya. Atribut-atribut yang kinerjanya harus dipertahankan oleh home
industry Bipang Tanjung Sakti meliputi rasa produk, kerenyahan produk, kejelasan label
informasi produk, informasi tanggal kadaluwarsa, dan adanya logo halal
(Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian,
Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 00:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 00:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29441 |