DONI, JUANDA and Sirman, Dahwal and Rahma, Fitri (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRODUK YANG DITAWARKAN OLEH PERUSAHAAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING DITINJAU DARI SEGI HUKUM ISLAM. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DONI JUANDA .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (464kB)
Abstract
Pemenuhan kebutuhan ekonomi tersebut manusia sebagai makhluk sosial tidak akan lepas
bantuan dengan individu lainnya untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan mereka. Berbagai
strategi-strategi disiapkan oleh perusahaan agar mencapai tujuan dan sasaran yang dicapai
yakni dengan cara Multi Level Marketing. beberapa perusahaan memproduksi atau membuat
produk barang/dan atau jasa yang merugikan masyarakat selain itu juga hak konsumen yang
dilalaikan bahkan diimingi hadiah atau tingkatan pendapatan yang berlipat ganda karena
dengan sistem berjenjang yang mana sebagian besar masyarakat menganggap akan
mempercepat pendapatan mereka. Adapun rumusan masalah Bagaimana pelaksanaan
perlindungan konsumen atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan sistem Multi Level
Marketing ditinjau dari segi Hukum Islam?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis pelaksanaan perlindungan konsumen atas produk yang ditawarkan oleh
perusahaan sistem Multi Level Marketing ditinjau dari segi Hukum Islam. Penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian hukum normatif pendekatan yang digunakan
yaitu Pendekatan undang-undang (statute approach) dan Pendekatan Konseptual,
menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. sistem Multi Level
Marketing (MLM) juga harus sesuai dengan sya’riat Islam dalam penjualan produknya
Kehalalan merupakan hal pertama yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha dalam
mendistribusikan produk yang telah dibuat, baik dimulai dari bahan baku, proses dan hingga
akhirnya produk yang ditawarkan dalam Islam jual beli diperbolehkan akan tetapi sesuai
dengan ketentuan dalam Islam,dan metode pemasarannya pun diperbolehkan di dalam Islam
yang sesuai dengan ketentuaannya, seperti yang tidak mengandung Riba, bukan untuk
perjudian dan sebagainya.
Kata Kunci : Multi Level Marketing, Perlindungan Konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 04:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29750 |