AL-AZAM, JA’FAR NASHRUDDIN and Purwandari, Endina Putri and Ernawati, Ernawati (2018) EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA E-LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS ( STUDI KASUS : MATA KULIAH PPRPL TI UNIB ). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_G1A013043.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda dalam gaya belajar,
sehingga perlu digunakan sistem e-Learning yang mampu untuk mengakomodasi
permasalahan perbedaan karakteristik gaya belajar mahasiswa tersebut. Penelitian
ini bertujuan untuk membangun e-Learning menggunakan Fuzzy C-Means untuk
pengelompokkan secara keseluruhan dan per gaya belajar serta mengidentifikasi
gaya belajar mahasiswa dengan teori Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) untuk
mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Gaya belajar mahasiswa yang diidentifikasi adalah Sensory, Intuitive, Feeling, dan
Thinking dengan data awal 60 quesioner berdasarkan teori MBTI. Hasil dari
penelitian ini berhasil mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa dengan teori
MBTI pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Bengkulu. Proses
clustering berdasarkan 5 kriteria, yaitu: nilai pretest, nilai posttest, waktu
pengerjaan pretest, waktu pengerjaan posttest, dan waktu membaca materi. Dan
hasil perhitungan fuzzy, yaitu Kurang terdapat 8 mahasiswa, Sedang terdapat 24
mahasiswa, dan Baik terdapat 10 mahasiswa.
Kata kunci: Gaya Belajar, E-Learning, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI),
Fuzzy C-Means, Clustering
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29885 |