Wahyuni, Ari and Dian Eka Chandra, Wardhana and Agus, Trianto (2020) STRUKTUR DAN POLA KOMUNIKASI DALAM WACANA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DI MADRASAH ALIYAH AL-ISTIQOMAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ARY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Analisis wacana kelas memberikan informasi mengenai semua hal yang terjadi
dalam pembalajaran bahasa: bahasa digunakan oleh guru dan siswa dalam
melakukan interaksi dan komunikasi mengenai pembelajaran teks eksplanasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komprehensif hasil analisis
wacana kelas pembelajaran teks eksplanasi di MA Al-Istiqomah berdasarkan struktur
wacana kelas dan pola komunikasi. Metode penelitian menggunakan analisis
deskripsi. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, perekaman dan wawancara. Teknik analisis wacana
menggunakan analisis wacana kelas Sinclair dan Coulthard dengan model IRF
(initiation, response, follow-up). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
dalam melakukan pembelajaran teks eksplanasi, struktur wacana kelas pada
pembelajaran tidak selalu berstruktur I R F pada pertukaran bebas. Sedangkan pada
pertukaran terikat fungsi F tidak hanya menjadi balikan, namun disertai inisiasi ulang
atau terikat (Ib) sehingga struktur wacana kelasnya menjadi I R Ib R F/Ib R. Pola
komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran terdiri dari dua pola, yaitu pola
komunikasi sebagai interaksi dan pola komunikasi transaksi.
Kata Kunci: Struktur Wacana dan Pola Komunikasi, Pembelajaran Teks Eksplanasi,
Model IRF
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 04:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30013 |