Oktariawan, Deny and Bahri, Samsul and Amri, Khairul (2018) EVALUASI PEMBERLAKUAN BELOK KIRI LANGSUNG PADA SIMPANG SKIP KOTA BENGKULU (Studi Kasus Jalan Flamboyan dan Jalan Sutoyo). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Deny Oktariawan (G1B013048).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Simpang terbentuk dari beberapa ruas jalan, tempat di mana pengemudi harus
memutuskan untuk berjalan lurus, berbelok kanan, berbelok kiri dalam rangka
pindah jalan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan di Simpang Skip
bertujuan menghitung besarnya arus lalu-lintas yang melintasi lengan simpang
Jalan Flamboyan dan Jalan Sutoyo, pengaruh belok kiri langsung terhadap
tingkat kinerja Simpang. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini dengan
cara merekam keadaan simpang dan menghitung jumlah kendaraan yang
melintasi simpang melalui video hasil rekaman. Hasil survei dibagi berdasarkan
jenis kendaraan yaitu kendaraan ringan, kendaraan berat dan sepeda motor.
Penelitian ini meliputi survai arus lalu-lintas, geometri, dan kondisi lingkungan.
Pada Jalan Flamboyan situasi LTOR didapatkan arus lalu lintas (Q) 539,6
smp/jam, kapasitas sebesar 477,74 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 1,13,
tundaan 55,96 det/smp, Tingkat pelayanan level E. Sedangkan pada situasi N�LTOR arus lalu lintas (Q) 656,4 smp/jam, kapasitas 445,44 smp/jam, derajat
kejenuhan (DS) 1,47 tundaan 179,50 det/smp, tingkat pelayanan level F (>60).
Pada Jalan Sutoyo situasi LTOR didapatkan arus lalu lintas (Q) 1461,6 smp/jam,
kapasitas 1417,77 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 1,03, tundaan sebesar 72,42
det/smp, tingkat pelayanan level F. Sedangkan Pada situasi N-LTOR didapatkan
jumlah arus lalu lintas (Q) sebesar 1523,2 smp/jam dengan nilai kapasitas
sebesar 1403,59 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 1,09, tundaan sebesar 112,22
det/smp, tingkat pelayanan level F. Alternatif pelebaran geometri pada Jalan
Flamboyan arus lalu lintas (Q) 539,6 smp/jam, kapasitas 564,60 smp/jam, derajat
kejenuhan 0,96, tundaan 21,82 det/smp, tingkat pelayanan level C. Pada Jalan
Sutoyo arus lalu lintas (Q) 1461,6 smp/jam, kapasitas 1695,76 smp/jam, derajat
kejenuhan 0.86, tundaan 38,18 det/smp, tingkat pelayanan level D
Kata kunci : kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30103 |