LEARNING ENGLISH SUBJECT BASED ON STIFIn INTELLIGENCE STYLE At ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL (SDIT) FATHONA PALEMBANG

Sektiani, Aneka Wahyu Nu and Bambang, Suwarno and I Wayan, Dharmayana (2020) LEARNING ENGLISH SUBJECT BASED ON STIFIn INTELLIGENCE STYLE At ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL (SDIT) FATHONA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS ANEKA WAHYU NS S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
THESIS ANEKA WAHYU NS S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Implementasi RPP dalam
pembelajaran, 3) Gaya belajar peserta didik, 4) Kemampuan peserta didik
dalam belajar Bahasa Inggris dan, 5) Adakah hubungan hasil belajar
peserta didik dengan Gaya Belajar (Mesin Kecerdasan). Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah guru dan
dokumen terkait di SDIT Fathona. Teknik pengumpulan data yang di
gunakan yaitu dokumentasi, observasi kelas, dan deskriptif statistik
dengan menggunakan rumus chi-square. Hasil penelitian ini
menunjukkan; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi
identitas sekolah, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator
pembelajaran, alokasi waktu, materi pembelajaran, metode pembelajaran
dan langkah-langkah dalam pembelajaran. Implementasi meliputi tiga
tahapan yaitu tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap evaluasi.
Gaya belajar (Mesin Kecerdasan) yang di miliki peserta didik kelas atas
adalah Intuiting, Sensing, Thinking, Instinct and Feeling. Sedangkan di
kelas bawah Feeling, Thinking, Sensing, Intuiting, and Instinct.
Kemampuan peserta didik dalam pelajaran Bahasa inggris adalah “Baik”
(Mean 87) di kelas atas dan di kelas bawah “Sangat Baik” (Mean 97).
Berdasarkan hasil analisis (K- kuadrat) tidak ada hubungan antara gaya
belajar (Mesin Kecerdasan) peserta didik dengan kemampuan Bahasa
Inggris baik di kelas atas maupun di kelas bawah, ini di tunjukkan dengan
hasil hitung Chi-Square di kelas atas dengan nilai hitung X2 =9,043 (P >
0,05), dan di kelas bawah X2=5,873 (P>0,05). Kesimpulannya, peserta
didik di SDIT Fathona adalah heterogen, namun gaya belajar (mesin
kecerdasan) tidak mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris peserta
didik.
Kata kunci: Belajar Bahasa Inggris, STIFIn

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:08
Last Modified: 22 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30115

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200