Yanti, Yarni Sri and Afrizal, Mayub and Nirwana, Nirwana (2020) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK (MT) BERBASIS KUALITAS AIR TANAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PENTINGNYA PEDULI LINGKUNGAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![YARNI SRI YANTI PDF TESIS.pdf [thumbnail of YARNI SRI YANTI PDF TESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YARNI SRI YANTI PDF TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kualitas air tanah ditinjau
dari beberapa parameter yaitu suhu, pH, salinitas, daya hantar listrik, jumlah
padatan terlarut, kekeruhan dan kandungan oksigen terlarut; (2) peningkatan
kemampuan berpikir kreatif menggunakan modul tematik materi dampak
pencemaran bagi kehidupan terhadap siswa SMP kelas VII; dan (3) persepsi siswa
terhadap pentingnya peduli lingkungan setelah diterapkan modul tematik materi
dampak pencemaran bagi kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Research and Depelopment (R&D) model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analisis dilakukan
terhadap kualitas air tanah menggunakan 7 parameter yaitu suhu, pH, kadar
oksigen terlarut, salinitas, TDS, kekeruhan dan Daya Hantar Listrik. Hasil analisis
dikemas dalam modul tematik dampak pencemaran bagi kehidupan untuk kelas
VII SMP/MTs untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan persepsi
siswa terhadap peduli lingkungan. Sampel penelitian untuk skala terbatas adalah
10 orang siswa kelas VIII SMPN 18 bengkulu Tengah, sedangkan sampel skala
luas adalah 21 orang siswa kelas VII SMPN 18 Bengkulu Tengah. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji N-Gain. Pada skala terbatas hasil gain
kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,784 (tinggi) dengan kriteria efektif dan gain
peduli lingkungan sebesar 0,566 (sedang) dengan kriteria cukup efektif.
Sedangkan pada uji skala luas diperoleh hasil gain kemampuan berpikir kreatif
sebesar 0,66 (sedang) dengan kriteria cukup efektif dan gain peduli lingkungan
sebesar 0,562 (sedang) dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan analisis uji N-
gain dapat disimpulkan bahwa modul tematik dampak pencemaran bagi
kehidupan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan persepsi siswa
terhadap pentingnya peduli lingkungan.
Kata Kunci : Kualitas Air Tanah, Modul Tematik, Berpikir Kreatif, Peduli
Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 04:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30147 |