Purba, Iwan Rio Darma Putra and Rohiat, Rohiat and Manap, Somantri (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI GURU DI SMK NEGERI KABUPATEN REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS IWAN OKE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap komitmen
organisasi guru di SMK Negeri Kabupaten Rejang Lebong. Metode penelitian
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode regresi sederhana
dan berganda. Jumlah populasi sampel yang diambil untuk dianalisis sejumlah 84
orang guru, dimana sekolah yang dijadikan sampel penelitian adalah SMK Negeri
2 Rejang Lebong, SMK Negeri 5 Rejang Lebong dan SMK Negeri 7 Rejang
Lebong.
Data diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket,
yang meliputi angket Kepemimpinan Transformasional (x1), Kepuasan Kerja
(x2), dan Komitemen Organisasi Guru (y). Instrument penelitian divalidasi
dengan analisis butir dengan uji coba instrument menggunakn Korelasi Product
Moment sedangkan untuk pengujian Reliabilitas di uji menggunakan rumus
Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Kepemimpinan
Transformasional Kepala sekolah berpengaruh terhadap Komitmen Organisasi
Guru SMK Negeri Kabupaten Rejang Lebong dengan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,655 dan pengaruh sebesar 0,428 atau 42,8% berbentuk linier positif dengan persamaan regresi adalah = 36,29 + 0,57X1, artinya semakin baik gaya
kepemimpinan transformasional Kepala sekolah maka semakin baik juga
Komitmen Organisasi Guru SMK Negeri Kabupaten Rejang Lebong, (2)
Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Komitmen Organisasi Guru SMK Negeri
Kabupaten Rejang Lebong dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 dan
pengaruh sebesar 0,339 atau 33,9% berbentuk linier positif dengan persamaan
regresi adalah = 39,32 + 0,572 X2, artinya semakin baik kepuasan kerja maka
semakin baik juga Komitmen Organisasi Guru SMK Negeri Kabupaten Rejang
Lebong, (3) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kepuasan
Kerja berpengaruh terhadap Komitmen Organisasi Guru SMK Negeri Kabupaten
Rejang Lebong dengan nilai koefisien sebesar 0,706 dan pengaruh sebesar 0,498
atau 49,8% berbentuk linier positif dengan persamaan regresi adalah = 23,88 +
0,42X1 + 0,31X2, artinya semakin baik Gaya Kepemimpinan Transformasional
Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja maka semakin baik juga Komitmen
Organisasi Guru SMK Negeri Kabupaten Rejang Lebong.
Saran, Untuk meningkatkan komitmen organisasi, guru harus bersedia
mendukung setiap keputusan kepala sekolah yang berhubungan dengan beban
kerjanya di sekolah. Hal lain yang harus dilakukan guru adalah dengan bersedia
ikut serta dalam membangun lingkungan kerja di sekolah yang kondusif, yang
dapat mendukung pelaksanaan tugas-tugasnya di sekolah. Selain itu, guru
berkeinginan untuk meningkatkan karier dan motivasinya dalam bekerja sebagai
guru di sekolah. Dengan adanya upaya-upaya ini diharapkan komitmen
orgnanisasi guru dapat dioptimalkan.
Kata kunci : Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kepuasan
Kerja, Komitmen Organisasi Guru SMK Negeri Kabupaten
Rejang Lebong
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:13 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30154 |

