PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DI SMAN 11 REJANG LEBONG (Studi Evaluatif di SMAN 11 Rejang Lebong)

YUSNIARSIH, YUSNIARSIH and Rohiat, Rohiat and Manap, Somantri (2020) PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DI SMAN 11 REJANG LEBONG (Studi Evaluatif di SMAN 11 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS YUSNIARSIH OKKK.pdf] Text
TESIS YUSNIARSIH OKKK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode evaluatif. Rumusan masalah umum
penelitian ini adalah “Bagaimana pengelolaan sarana prasarana di SMA Negeri 11
Rejang Lebong?”. Rumusan masalah khusus adalah “Bagaimana analisis
kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, pendistribusian dan pemanfaatan,
pemeliharaan, penghapusan, pengawasan dan pertanggungjawaban di SMA
Negeri 11 Rejang Lebong?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan
sarana di SMA Negeri 11 Rejang Lebong yang meliputi: 1. Analisisi kebutuhan
sarana prasarana, 2. Pengadaan sarana prasarana, 3. Inventarisasi sarana
prasarana, 4, Pendistribusian dan pemamfaatan sarana prasarana, 5. Pemeliharaan
sarana prasarana, 6. Penghapusan sarana prasarana, 7. Pengawasan dan
pertangungjawaban sarana prasarana.
Hasil penelitian menunjukkan sebagi berikut:
Pertama, pengawasan dan pertanggungjawaban sarana dan prasarana di
SMA Negeri 11 Rejang Lebong termasuk dalam kategori A.Kedua, analisisi kebutuhan sarana prasarana, pengadaan sarana
prasarana, pendistribusian dan pemamfaatan sarana prasarana, pemeliharaan
sarana prasarana, dan penghapusan sarana prasarana termasuk dalam ketogori B.
Ketiga, inventarisasi sarana prasarana di SMA Negeri 11 Rejang Lebong
termasuk dalam kategori C, dikernakan keterbatasan SDM yang ada di SMA
Negeri 11 Rejang Lebong.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana
prasarana di SMA Negeri 11 Rejang lebong sudah baik dan perlu peningkatan
kedepannya seningga tujuan sekolah dapat terwujud.
Saran penelitian adalah hendaknya pihak sekolah menunjuk atau
mengakat petugas khusus guna penginventarisasi sarana dan prasarana sehingga
administrasi tentang sarana dan prasaranan dapat tersusun dengan baik. Sebab
dengan tersedianya administrasi penginvetarisasian sarana dan prasaran dapat
mempermudah pihak sekolah dalam pemeliharaan dan peremajaaan sarana dan
prasarana yang ada, serta mempermudah dalam pelaporan ke satuan yang lebih
tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Administration
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:06
Last Modified: 22 Oct 2025 08:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor