ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN PAJAK RESTORAN DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus pada Kantor Dipenda Kota Bengkulu)

Syurya, Syurya and Sugeng , Suharto and Syamsurizal, Syamsurizal (2007) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN PAJAK RESTORAN DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus pada Kantor Dipenda Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of I,II,III-SUR-FISIP.pdf] Text
I,II,III-SUR-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (487kB)
[thumbnail of IV,V-SUR-FISIP.pdf] Text
IV,V-SUR-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Pajak Restoran di
Kota Bengkulu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan
kebijakan pajak restoran di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan di
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisa data
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian
ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sasaran penelitian diambil
dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu populasi
diambil dari 156 orang pemilik restoran yang ada di Kota Bengkulu yang dikenai
pajak restoran. Kemudian sampel ditetapkan sebanyak 11 orang pemilik restoran dan
pelayan / penjaga restoran sebanyak 2 orang. Sasaran penelitian dari aparatur
pemerintah dari pegawai Dipenda Kota Bengkulu sebanyak 9 orang jadi jumlah
keseluruhan sebanyak 22 informan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa
pelaksanaan kebijakan pajak restoran di Kota Bengkulu belum efektif. Hal ini dapat
dilihat dari pendataan subjek dan objek pajak restoran masih menemukan beberapa
kendala yang menghambat pelaksanaan pendataan tersebut, pelaksanaan penetapan
besarnya jumlah pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak restoran belum efektif
karena wajib pajak restoran pada umumnya keberatan dengan besarnya penetapan
tersebut, pelaksanaan penagihan pajak restoran pada umumnya belum efektif karena
para wajib pajak restoran membayar pajaknya pada saat ditagih langsung oleh
petugas penagih pajak restoran, dalam pembuatan laopran tentang pajak restoran
terdapat tunggakan pembayaran pajak restoran, dan realisasi penerimaan pajak
restoran belum mencapai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota
Bengkulu. Adapun upaya- upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerimaan
pajak restoran yaitu melakukan peremajaan data atau pendataan ulang mengenai
pajak restoran, dengan adanya pendataan ulang diharapkan potensi penerimaan dari
sektor pajak restoran akan lebih terjaring, mengadakan sosialisasi kembali mengenai
Perda No.20 Tahun 2002 tentang pajak restoran dengan mengundang pemilik restoran
untuk berdiskusi dan berdialog agar terjadi tukar pikiran sehingga keinginan dari
wajib pajak dapat diketahui dan menanamkan kepercayaan kepada masyarakat akan
kesadaran membayar pajak sehingga PAD dari sektor pajak dapat terus meningkat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:43
Last Modified: 04 Dec 2013 13:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item
View Item