ARISMUNANDAR, MUHAMMAD AGUM and Andeswari, Desi and Setiawan, Yudi (2017) Perancangan Game Edukasi Belajar Mengaji “Mengaji Bersama Budi” Menggunakan Platform Android (Studi kasus : SD IT Ulul Albaab). Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI M. Agum Arismunandar Game Edukasi Belajar Mengaji.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Game edukasi merupakan game yang berfungsi tidak hanya sebagai media
penghibur namun juga memiliki nilai pengertahuan yang diajarkan di dalam game.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu game edukasi belajar mengaji
untuk anak usia 6-8 tahun agar anak di usia tersebut lebih terdorong untuk semangat
dalam belajar mengaji terutama belajar Iqra’. Sistem ini dibangun dengan
menggunakan bahasa pemrograman C Sharp (C#) dengan bantuan Unity. Metode
pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah model
waterfall dan Unified Modeling Language (UML) sebagai perancangan sistem.
Pengujian kuantitas (black box) dan pengujian kualitas (usability) untuk memeriksa
fungsional aplikasi dan untuk mengetahui tingkat game edukasi belajar mengaji
“Mengaji Bersama Budi” menggunakan platform android. Sehingga didapatlah
hasil pengujian kuantitas (black box) sebesar 100% dan pengujian kualitas
(usability) sebesar 94,1% dengan efektivitas 99,1%, efisiensi 96,4% dan kepuasan
pengguna (user) sebesar 86,8%.
Kata kunci : Game Edukasi, Iqra’, android, black box, usability test.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
| Depositing User: | 58 lili haryanti |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:42 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:42 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30487 |

