Amaliah, Nur and Johar, Asahar and Dharmayana, I Wayan (2017) IMPLEMENTASI METODE CASE BASED REASONING (CBR) DALAM MENENTUKAN KLASIFIKASI ANAK YANG MENGALAMI RETERDASI MENTAL (STUDI KASUS SLB YAYASAN DHARMA WANITA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI NUR AMALIAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan terhadap siswa berkebutuhan pendidikan anak luar
biasa atau penyandang cacat, terus diupayakan dengan penanganan yang seksama.
Masalah siswa reterdasi mental termasuk dalam bidang pendidikan luar biasa.
Retardasi mental adalah penurunan fungsi intelektual yang menyeluruh secara
bermakna dan secara langsung menyebabkan gangguan adaptasi sosial, dan
bermanifestasi selama masa perkembangan. Klasifikasi reterdasi mental adalah
ringan, moderat, berat dan sangat berat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun
sistem pakar dengan bahasa pemrograman java pada android studio untuk diagnose
anak yang mengalami reterdasi mental. Data yang digunakan diambil dari SLB
Yayasan Dharma wanita Bengkulu. Metode yang digunakan untuk menentukan kasus
dan menghitung hasil diagnosis adalah metode Case Based Reasoning, Naïve Bayes
dan Simple Matching Coefficient. Hasil analisis dan pengujian menunjukkan bahwa
ditinjau dari segi akurasi diagnosis mampu menghasilkan diagnosis yang akurat.
Berdasarkan hasil uji kelayakan sistem yang dilakukan menggunakan kuesioner
diperoleh baik dengan persentase variable tampilan 48,75%, variable kemudahan
penggunaan 53,33%, variabel kinerja sistem 46,67%, dan variable isi 51,67%.
Kata kunci: Sistem Pakar, Reterdasi Mental, Case Based Reasoning (CBR), Naïve
Bayes, Simple Matching Coefficient (SMC)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
| Depositing User: | 58 lili haryanti |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:48 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:48 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30489 |

