ARDIYATMA, RIO and Suandi, Agus and Supardi, Nurul Iman (2017) ANALISA TEORITIS SAYAP DYNAM CESSNA 182 SKY TRAINER. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Rio Ardiyatma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pesawat merupakan suatu alat atau mesin yang dapat terbang dan melayang
di udara karena adanya dorongan dari kinerja mesin dan fenomena gaya angkat
yang dihasilkan oleh sayap. Teknologi pada pesawat telah berkembang dengan
pesat dimana banyak jenis pesawat yang tersedia hingga saat ini, dimana salah
satunya pesawat dibuat dengan dimensi kecil yang biasanya disebut dengan
pesawat aeromodelling. Gaya angkat pada pesawat terjadi karena perbedaan
tekanan yang terjadi pada bagian bawah dan atas pada sayap. Kecepatan (V) dan
bukaan sudut serang (α) dari pesawat merupakan komponen yang sanagat
berpengaruh dalam terjadinya gaya angkat pada pesawat.
Penelitian dilakukan dengan melakukan perhitungan teoritis yang
menggunakan data berat dari pesawat dan luas bentang sayap dengan pengaruh
kecepatan dan sudut serang. Perthitungan menggunakan teori lifting dengan
menghitung resultan gaya yang terjadi pada sayap. Kecepatan yang dihitung 5,
10, 15, 20, 25, hingga 55 m/s dangan sudut serang 00
, 30
, 50
, 70
, 90
, 110
, hingga
190
.
Dari perhitungan yang telah dilakukan besarnya nilai koefisien akan
menurun ketika kecepatan pesawat melaju semakin cepat, tetapi lift yang
dihasilkan dengan bertambahnya kecepatan akan semakin meningkat. Dengan
Nilai koefisien gaya angkat rata-rata paling besar di kecepatan 5 m/s dengan nilai
2,88. Pada kecepatan 5 m/s ketika sudut serang telah terbuka 30
nilai gaya angkat
telah memenuhi standar untuk pesawat tersebut dapat melayang, hanya saja ini
tidak berlaku jika untuk melakukan lepas landas, karena nilai gaya angkat tidak
cukup besar dari beratnya pesawat. untuk dapat melakukan lepas landas kecepatan
harus berada pada 15 m/s dengan sudut serang 90
-110
. Gaya angkat akan
mengalami kenaikan dengan bertambahnya kecepatan dimana ketika kecepatan
pada 5 m/s dan sudut 90
nilai lift sebesar 10,228 dan meningkat dengan
bertambahnya kecepatan dan sudut serang tertentu.
Kata kunci: aeromodelling, gaya angkat, koefisien gaya angkat, Aerofoil NACA
2412
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
| Depositing User: | 58 lili haryanti |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:12 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:12 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30523 |

