Suryanto, Hery and Muhartini, Salim and Sularsih, Anggarawati (2020) PENGARUH SERVICE RECOVERY DAN SITUATIONAL FACTOR TERHADAP CONSUMER FORGIVENESS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
tesis_heriyanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kegagalan layanan terjadi ketika perusahaan menawarkan layanan yang 
tidak memenuhi harapan konsumen dan konsekuensinya termasuk mengurangi 
kepuasan konsumen dan kehilangan pelanggan. Untuk memulihkan hubungan 
konsumen setelah kegagalan layanan, perusahaan harus memahami apa yang 
mempengaruhi konsumen ketika memutuskan apakah atau tidak untuk memaafkan 
perusahaan.
Masalah pada penelitian ini dirumuskan : (1) apakah service recovery 
berpengaruh terhadap consumer forgiveness? (2) apakah situational factor 
berpengaruh terhadap consumer forgiveness? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) 
mengetahui pengaruh service recovery terhadap consumer forgiveness, (2) 
mengetahui pengaruh situational factor terhadap consumer forgiveness, 
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan 
metode survei kuesioner online. Responden adalah konsumen PDAM Tirta Dharma 
Kota Bengkulu sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dengan metode 
purposive sampling, dengan pertimbangan konsumen yang pernah memakai 
layanan PDAM Kota Bengkulu minimal sebanyak 2 kali dan berusia lebih dari 18 
tahun. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier 
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa service recovery berpengaruh positif 
terhadap consumer forgiveness. Artinya, semakin baik service recovery PDAM 
Kota Bengkulu maka consumer forgiveness akan semakin tinggi. Sebaliknya, 
semakin buruk service recovery PDAM Kota Bengkulu maka consumer forgiveness
akan semakin rendah. Situational factor berpengaruh positif terhadap consumer 
forgiveness. Artinya, semakin tinggi situational factor konsumen maka consumer 
forgiveness akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah situational factor 
konsumen maka consumer forgiveness akan semakin rendah. 
Disimpulkan bahwa service recovery dan situational factor berpengaruh 
positif terhadap consumer forgiveness PDAM Kota Bengkulu. Implikasi dari hasil 
penelitian ini bahwa service recovery PDAM Kota Bengkulu cenderung pada 
dimensi interactional justice, PDAM Kota Bengkulu memberi penjelasan
mengenai kegagalan layanan yang terjadi dan masih perlu manajemen pemulihan 
layanan yang efektif. Situational factor pada kategori kurang baik, terutama pada 
aspek lingkungan sosial konsumen produk atau layanan PDAM Tirta Dharma Kota 
Bengkulu. Dengan demikian perlu menekankan service recovery pada dimensi 
distributive justice dalam menangani konsumen yang kecewa terhadap pelayanan 
ix
PDAM dan meningkatkan layanan yang dapat mempengaruhi situational factor
dari lingkungan sosial konsumen.
Menerapkan manajemen pemulihan layanan karena dianggap memiliki 
dampak yang signifikan terhadap evaluasi pelanggan karena pelanggan cenderung 
lebih emosional jika terlibat dalam pemulihan pelayanan daripada saat interaksional 
saat layanan. Bila ini dilakukan dengan baik, pelanggan yang tidak puas dapat 
menjadi salah satu pelanggan yang sangat setia dan yang bertindak sebagai 
hubungan masyarakat (humas) bagi organisasi tersebut melalui word of mouth.
Meningkatkan kualitas layanan sehingga kemungkinan terjadinya kegagalan 
layanan dapat dihindari. Dengan kualitas layanan yang baik akan terjadi 
pembicaraan lingkungan sosial yang positif atas layanan perusahaan. Oleh sebab 
itu, PDAM harus dengan serius meningkatkan layanan sehingga konsumen dapat 
lebih sering menceritakan hal-hal positif tentang perusahaan
Kata Kunci: Service Recovery, Situational Factor, Consumer Forgiveness
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:24 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:24 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30775 | 

