Desmiati, Desmiati and Saiful, Saiful and Paulus, Suluk Kananlua (2020) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT. BANK BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS DESMIATI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Bank harus membina hubungan baik dengan berbagai komunitas 
lingkungan masyarakat karena akan berdampak pada peningkatan kepercayaan 
masyarakat. Oleh sebab itu bank wajib memberikan bukti kepedulian terhadap 
komunitas yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan operasinya. 
Tindakan bank tersebut dapat berupa program Corporate Social Responsibility 
(CSR). Kegiatan CSR telah diatur dalam Undang- Undang, “ UU No. 25 Tahun 
2007 tentang Penanaman Modal dan “Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 
74 ayat 1 tentang Perseroan Terbatas. Walaupun peraturan Perundang-undangan 
telah mengatur dengan baik tentang CSR, isu mengenai penerapan CSR saat ini 
masih menjadi masalah dalam perusahaan baik berupa besarannya maupun 
komponen kegiatan CSR. Adanya ketidakseragaman dalam penerapan CSR 
menimbulkan adanya kecenderungan yang berbeda dalam proses pelaksanaan 
CSR itu sendiri di masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu pedoman umum 
dalam penerapan CSR yaitu ISO 26000: Guidance Standard on Social 
Responsibility. Belum adanya penelitian yang menunjukkan bagaimana 
implementasi CSR di Bank Bengkulu terutama meliputi besaran dan aspeknya 
serta pedoman yang digunakan membuat peneliti tertarik untuk meneliti 
implementasi CSR di Bank Bengkulu. 
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka masalah yang akan diteliti 
dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah implementasi kebijakan 
Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh Bank 
Bengkulu? 
Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui dan membahas lebih 
mendalam bagaimanakah implementasi kebijakan Corporate Social Responsibility 
(CSR) yang telah dilakukan oleh Bank Bengkulu. 
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. 
Penelitian dilakukan pada kantor pusat PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu 
yang beralamatkan di JL S. Parman Kelurahan Padang Jati Kota Bengkulu. 
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 
dokumentasi. Jika ada aspek yang tidak terdapat dalam dokumentasi ini nantinya, 
maka akan dilakukan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam 
penelitian ini yaitu menurut Miles dan Huberman dalam Afrizal (2016). 
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tata kelola Bank Bengkulu sudah 
memenuhi aspek subjek inti dalam ISO 26000. Tata kelola organisasi tercermin 
viii 
dari komitmen Bank Bengkulu untuk menerapkan prinsip-prinsip GCG secara 
konsisten, kepatuhan Bank Bengkulu terhadap peraturan dan hukum yang berlaku, 
adanya kode etik dalam menjalankan aktivitasnya, serta Bank Bengkulu juga 
menyusun berbagai kebijakan dan prosedur untuk mengoptimalkan pelaksanaan 
tata kelola organisasi akan tetapi untuk minat stakeholder terutama dalam 
kepemilikan saham belum menjadi perhatian. Bank Bengkulu senantiasa 
memenuhi hak-hak asasi manusia di lingkungannya, misalnya dalam pemberian 
gaji dan remunerasi, pelaksanaan rekrutmen, kesempatan yang sama dalam 
pelatihan dan pendidikan, cuti karyawan yang sesuai dengan undang-undang 
tenaga kerja, serta pemberian hak untuk berserikat. Bank Bengkulu juga membuat 
kebijakan di bidang ketenagakerjaaan, kesehatan dan keselamatan kerja bagi 
seluruh karyawan Bank Bengkulu. Bank Bengkulu telah memenuhi aspek 
lingkungan sesuai dengan ISO 26000 yaitu dengan menerapkan dua prinsip utama 
yaitu green office dan green environment. Aspek praktik operasi yang adil 
dilaksanakan oleh Bank Bengkulu dengan tidak diperkenankannya gratifikasi 
dalam bentuk apapun dan tindak kecurangan atau korupsi (Fraud). Namun untuk 
persaingan yang fair dalam hal promosi karyawan masih kurang dalam 
penerapannya.Bank Bengkulu telah memenuhi aspek isu konsumen sesuai dengan 
ISO 26000 dengan menyediakan produk dan jasa terbaik, senantiasa menjaga 
kerahasiaan nasabah, penyelesaian sengketa dengan konsumen dan informasi 
yang jelas bagi nasabahnya. Bank Bengkulu telah berkontribusi dalam pemberian 
bantuan pendidikan (beasiswa), bantuan sosial, bantuan keagamaan dan bantuan 
lainnya. Dana CSR yang disalurkan oleh Bank Bengkulu untuk aspek ini juga 
sangat besar jika dibandingkan dengan realiasi pada aspek-aspek CSR yang 
lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Bank Bengkulu cukup konsen untuk 
berkontribusi pada komunitas dan pengembangan masyarakat. 
Secara keselurahan Bank Bengkulu telah mengimplementasikan CSR dengan baik 
dan sesuai dengan ISO 26000 dalam pelaksanaannya. Saran peneliti agar Bank 
Bengkulu menerbitkan sustainability report dan menjelaskan lebih detail 
masing-masing indikator atau subjek inti implementasi ISO 26000 agar hasil yang 
didapat dari kebijakan CSR Bank Bengkulu lebih baik dan hendaknya dibentuk 
divisi khusus yang mengelola dan  membidangi CSR Bank Bengkulu. 
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), ISO 26000
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 09:40 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 10:45 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30808 | 

