Hestiawan , Joni and Dedi, Supriyadi and Lamhir, Syam Sinaga (2007) PENGARUH ADVERTORIAL PESERTA PILGUB BENGKULU 2005 DI HARIAN RB TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH (Studi Kasus Pada pemilih Putaran I di Kelurahan Sawah Lebar). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![IV,V-JON-FISIP.pdf [thumbnail of IV,V-JON-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-JON-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (448kB)
![I,II,III-JON-FISIP.pdf [thumbnail of I,II,III-JON-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-JON-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (907kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Advertorial Peserta Pilgub Bengkulu 2005 di
Harian RB Terhadap Partisipasi Politik Pemilih”. Studi dilakukan pada pemilih putaran I
di kelurahan Sawah Lebar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh advertorial peserta pemilihan gubernur Bengkulu 2005 yang disajikan melalui
harian Rakyat Bengkulu terhadap partisipasi politik khalayak (pemilih) yang
membacanya, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan political marketing melalui
media massa (pull marketing) khususnya media massa cetak dimana penerapan political
marketimg merupakan hal yang relatif masih baru dilakukan di Indonesia khususnya di
Bengkulu yang untuk pertama kali melaksanakan pemilihan kepala daerah secara
langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
dokumentasi, kuisioner, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertorial
peserta pilgub Bengkulu 2005 yang disajikan melalui harian RB berpengaruh terhadap
partisipasi politik pemilih yang membacanya terutama untuk indikator
memilih/mencoblos. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik korelasi product moment,
ternyata hasil r hitung (0,635) lebih besar dari r tabel (0,202) dengan taraf signifikan 5%
dan jumlah sampel 96. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan rumus F test, hasil
perhitungan dengan menggunakan rumus F test ternyata lebih besar dari F tabel yaitu
103,844>3,94. Dengan demikian hipotesis kerja (Hk) dalam penelitian ini diterima dan
menolak hipotesis nihil (H0). Artinya ada pengaruh dari advertorial peserta pilgub
Bengkulu 2005 di harian RB terhadap partisipasi politik pemilih yang membacanya.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 015 Heppy Rosita Damanik |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 15:45 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 15:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3115 |