PENGARUH SUASANA TOKO DAN PEMASARAN ACARA TERHADAP MINAT BELI PADA KONSUMEN PANTIES PIZZA BENGKULU

Arizami, M. Rifki Nanda and Sularsih, Anggarawati (2020) PENGARUH SUASANA TOKO DAN PEMASARAN ACARA TERHADAP MINAT BELI PADA KONSUMEN PANTIES PIZZA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI M RIFKI NANDA ARIZAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Suasana toko (store atmosphere) dan Pemasaran Acara (event marketing)
merupakan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Suasana
(atmosphere) adalah suatu strategi dengan melibatkan berbagai atribut
atmosphere untuk menarik minat beli konsumen. Atmosphere meliputi berbagai
tampilan interior, ekterior, layout dan interiorpoint of interest display yang
diharapkan dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen dan membangkitkan
keinginan membeli. Sedangkan Pemasaran Acara (event marketing) adalah alat
untuk pengalaman pemasaran yang berfokus pada pengalaman konsumen,
memperlakukan secara emosional dan rasional untuk mendorong
penggonsumsian, yang menunjukkan adanya pengaruh antara event sebagai
promosi terhadap minat beli. Dengan demikian, suasana toko dan pemasaran
acara merupakan strategi pemasaran yang mempengaruhi perilaku konsumen,
dalam penelitian ini perilaku konsumen diidentifikasikan sebagai minat beli
konsumen yaitu untuk melakukan keputusan membeli di Panties pizza Bengkulu
.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana toko
(store atmosphere) terhadap minat beli pada konsumen Panties pizza Bengkulu ,
dan untuk mengetahui pengaruh pemasaran acara (event marketing) terhadap
minat beli pada konsumen Panties pizza Bengkulu . Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh konsumen yang sudah pernah membeli dan menikmati event di
Panties pizza Bengkulu , dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150
orang responden. Metode pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan
12
non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Analisis data
menggunakan alat analisis uji regresi berganda dan untuk pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji determinasi dengan hasil R2 sebesar 94,4%
uji f dan uji t pada tingkat signifikansi 5%. Selain itu, juga dilakukan uji
validitas dan realibilitas. Hasil analisis data menunjukan bahwa instrumen data
dan dalam penelitian ini valid dan reliable.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara suasana toko (store atmosphere) terhadap minat beli pada
konsumen Panties pizza bengkulu, sehingga semakin baik suasana toko (store
atmosphere) maka Semakin tinggi minat beli konsumen untuk membeli di
Panties pizza bengkulu. Terdapat pengaruh yang signifikan pemasaran acara
(event marketing) terhadap minat beli pada konsumen Panties pizza bengkulu,
sehingga semakin baik pemasaran acara (event marketing) maka semakin tinggi
minat beli konsumen untuk membeli di Panties pizza bengkulu. Artinya variabel
Suasana toko maupun variabel Pemasaran acara memiliki pengaruh terhadap
minat beli pada konsumen Panties pizza bengkulu. Sehingga disarankan agar
manajemen Panties pizza bengkulu untuk terus menerapkan dan meningkatkan
strategi Suasana dan Pemasaran Acara untuk dapat meningkatkan minat beli
konsumen membeli di Panties pizza bengkulu.
Kata kunci: Suasana Toko, Pemasaran Acara, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 Nov 2025 17:12
Last Modified: 07 Nov 2025 17:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini