HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN KOMITMEN TERHADAP TUGAS DENGAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS DI SMA NEGERI 1 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Purwanto, Bambang and Zakaria, Zakaria and Bambang, Sahono (2009) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN KOMITMEN TERHADAP TUGAS DENGAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS DI SMA NEGERI 1 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of Bambang Tesis ok.pdf] Text
Bambang Tesis ok.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (503kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat
hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan
kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas? (2) apakah terdapat
hubungan antara komitmen guru dengan kemampuan melaksanakan
manajemen kelas? (3) apakah terdapat hubungan antara pengetahuan guru
tentang manajemen kelas dan komitmen terhadap tugas dengan kemampuan
guru melaksanakan manajemen kelas?
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)
hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan
kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas; (2) hubungan antara
komitmen guru dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas;
8
(3) hubungan antara pengetahuan guru tentang manajelen kelas dan
komitmen guru dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian
adalah 55 orang guru yang semuanya dijadikan sampel penelitian.
Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk variabel kemampuan
guru melaksanakan manajemen kelas, tes untuk variabel pengetahuan guru
tentang manajemen kelas, dan angket untuk variabel komitmen guru
terhadap tugas. .Analisis data menggunakan korelasi sederhana, korelasi
ganda, dan korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat korelasi positif antara
pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan kemampuan guru
melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,85. Hal ini berarti bahwa makin
baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas, akan makin tinggi
kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Sebaliknya makin kurang
baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas, akan mengakibatkan
makin rendah kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas.
Kedua, terdapat korelasi positif antara komitmen guru terhadap tugas
dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,78. Hal
berarti bahwa makin baik komitmen guru terhadap tugas, akan
mengakibatkan makin tinggi kemampuan guru melaksanakan manajemen
9
kelas. Sebaliknya makin tidak baik komitmen guru terhadap tugas, akan
mengakibatkan
makin
rendahnya
kemampuan
guru
melaksanakan
manajemen kelas.
Ketiga, terdapat korelasi positif antara pengetahuan guru tentang
manajemen kelas dan komitmen guru terhadap tugas secara bersama-sama
dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,89. Hal
ini bararti bahwa makin baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas
dan makin baik komitmen guru terhadap tugas, maka makin tinggi
kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Sebaliknya makin rendah
pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan makin tidak baik komitmen
guru terhadap tugas akan mengakibatkan rendahnya kemampuan guru
melaksanakan manajemen kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat korelasi yang positif antara
pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan komitmen guru terhadap
tugas terhadap kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas baik
secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Saran dalam penelitian ini adalah: Pertama, Guru-guru dapat
meningkatkan
pengetahuan
manajemen
kelas
dengan
mempelajari
manajemen kelas melalui berbagai cara, antara lain melalui buku, membuka
situs internet, mengikuti pendidikan dan pelatihan dan sebagainya. Untuk itu,
diperlukan juga dukungan dari berbagai pihak antara lain kepala sekolah dan
juga dinas pendidikan nasional untuk memberikan berbagai fasilitas yang
10
dapat digunakan oleh guru dalam rangka meningkatkan pengetahuannya
mengenai manajemen kelas.
Kedua, agar guru dapat meningkatkan komitmennya terhadap tugas
dengan memiliki orientasi nilai yang baik terhadap pekerjaannya sebagai
guru, bahwa guru merupakan pekerjaan yang mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 04 Dec 2013 16:11
Last Modified: 04 Dec 2013 16:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item
View Item