Kristiantari, Brigitta and Andik, Purwanto and Desy, Hanisa Putri (2022) IMPLEMENTASI E-MODUL FISIKA PADA MATERI LISTRIK STATIS DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
1. SKRIPSI BRIGITTA KRISTIANTARI-A1E028015-PENDIDIKAN FISIKA..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa dan respon siswa terhadap implementasi E-modul Fisika pada materi
listrik ststis dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Sampel dalam penelitian ini
ialah sebanyak 35 orang siswa SMA Negeri 5 Kota Bengkulu kelas XII MIPA 6
yang diambil melalui teknik purposive sampling. Jenis dari penelitian ini ialah pre-
ekperimental yang menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest.
Adapun instrument yang digunakan ialah observasi, tes kemampuan berpikir kritis,
dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa degan nilai N-gain sebesar 0,55
dalam kategori sedang dengan mengimplementasikan e-modul fisika dengan
menerapkan model Problem Based Learning. Serta respon siswa terhadap
implementasi e-modul fisika dengan menerapkan model Problem Based Learning
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA ini diperoleh
persentase sebesar 76% dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: E-modul Listrik Statis, Model Problem Based Learning, Kemampuan
Berpikir Kritis, Respon Siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:00 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:00 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31394 |

