Pasaribu, Ade Irma and Indra, Sakti and Rosane, Medriati (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI ADE IRMA PASARIBU (A1E018048).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) ini bertujuan
untuk menghasilkan produk yang valid dan respon keterbacaan lembar kerja peserta
didik berbasis STEM untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi
elastisitas dan hukum Hooke. Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu
define, design, dan development. Pada tahap define dilakukan perancangan
instrument untuk tahap define analisis kebutuhan pengembangan. Tahap design
terdiri atas rancangan instrument untuk mengevaluasi LKPD. Tahap development
terdiri atas pengembangan instrument untuk mengevaluasi LKPD, validasi ahli
serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan
validasi ahli, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek kelayakan isi adalah
95% dengan kategori sangat baik, aspek penggunaan bahasa sebesar 92% dengan
kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 100% dengan kategori sangat baik,
aspek kegrafikan sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil
tersebut diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 96% dengan kategori sangat
baik. Setelah melakukan validasi ahli dilakukan uji keterbacaan produk oleh guru,
diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek isi sebesar 86% dengan kategori
sangat baik, aspek kebahasaan sebesar 85% dengan kategori sangat baik, aspek
penyajian sebesar 89% dengan kategori sangat baik, aspek kegrafikan sebesar 87%
dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, uji keterbacaan produk oleh siswa
didapatkan persentase skor pada aspek penyajian sebesar 95%, pada aspek
kebahasaan 97%, pada aspek kebermanfaatan 95%, aspek gambar 95%, dan skor
total 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji
keterbacaan yang telah dilakukan oleh ahli dapat disimpulkan bahwa LKPD yang
dikembangan valid atau sangat layak dan berdasarkan uji keterbacaan oleh guru dan
siswa mendapatkan respon positif atau sangat baik pada produk yang
dikembangakan.
Kata kunci : Penelitian dan pengembangan, LKPD, STEM, Keterampilan berpikir
kritis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:05 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:05 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31397 |

