Ningrum, Astri and Desy, Hanisa Putri and Rosane, Medriati (2022) IMPLEMENTASI LKPD FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GETARAN HARMONIS DI SMAN 6 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI ASTRI NINGRUM (A1E018030).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan dan perbedaan
kemampuan berpikir kritis siswa terhadap implementasi LKPD Fisika pada model
pembelajaran Predict Observe Explain materi getaran harmonis di SMAN 6 kota
Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Jumlah sampel sebanyak 35
orang siswa yang di ambil melalui teknik random sampling. Adapun jenis
penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan
rancangan penelitian one group pretest-postest. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes kemampuan berpikir kritis,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD Fisika berdasarkan
perhitungan N-Gain adalah 0,57 dengan kategori sedang. Uji paired sample t-test
memperoleh hasil tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
antara pretest sebelum menggunakan LKPD fisika pada model pembelajaran
Predict Observe Explain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
posttest setelah menggunakan mengalami perbedaan yang signifikan. Berdasarkan
hasil beberapa uji dapat disimpulkan bahwa LKPD fisika pada model pembelajaran
Predict Observe Explain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:08 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:08 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31399 |

