PENGARUH PENERAPAN MODEL INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FISIKA DI SMA

Herwansyah, Dadang and Nirwana, Nirwana and Henny, Johan (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FISIKA DI SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DADANG HERWANYAH UNTUK JURNAL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh signifikan
penerapan model interactive conceptual instruction berbantuan media interaktif
terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Penelitian ini dilakukan di dua kelas X
IPA SMA N 8 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik
simple random sampling diperoleh siswa kelasX IPA 1 sebagai kelas uji
coba(eksperimen) dan siswa kelas X IPA 3 kelas kontrol. Jumlah siswa yang
terlibat sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa dari kelas X IPA 1 dan 33
siswa kelas X IPA 3. Jenis penlitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe
nonequivalent control gruop design. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket untuk respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan dan tes untuk
hasil belajar fisika. Analisis data menggunakan uji t sample independent dengan
rumus t test polled varian menggunakan SPSS, uji Effect Size dengan rumus
Cohens’d serta uji N-gain untuk hasil belajar fisika. Hasil penelitan menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara yang
menggunakan model interactive conceptual instruction dengan siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (sig.(2-tailed)
sebesar 0,020<0,05). Sedangkan besar pengaruh, menurut Cohens’d sebesar 0,57
dengan persentase 69 % untuk hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan
bahwa model interactive conceptual instruction berpengaruh secara signifikan
terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA.
Kata kunci: Model Interactive Conceptual Instruction,Hasil belajar siswa, media
Interaktif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:09
Last Modified: 10 Nov 2025 08:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31400

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini