IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK DI SMAN 2 KOTA BENGKULU

Istifarin, Istifarin and Desy, Hanisa Putri and Eko, Risdianto (2022) IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK DI SMAN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ISTIFARIN (A1E018041) Universitas Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa ranah
kognitif siswa terhadap implementasi media interaktif pada model pembelajaran
inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu prexperimental
design dan desain penelitian one-group pretest-posttest. Adapun sampel yang
digunakan didalam penelitian ini merupakan siswa kelas X MIPA 2 SMAN 2
Kota Bengkulu sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel berdasarkan
teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal pre-test dan
post-test sebanyak 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menujukkan adanya
peningkatan penguasaan konsep siswa terhadap implementasi media interaktif
pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Rata-rata pre-test sebesar 52,1,
sedangkan hasil rata-rata post-test sebesar 79,1 dengan N-Gain sebesar 0,558
termasuk kedalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi pada indikator
memahami (C2) diperoleh N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi, sedangkan
peningkatan pada indikator mengaplikasikan (C3) dan menganalisis (C4)
diperoleh N-Gain sebesar 0,45 dan 0,48 dengan kategori sedang. Berdasarkan
hasil analisis uji-t berpasangan didapat bahwa ada perbedaan penguasaan konsep
pada ranah kongnitif siswa yang dilihat dari rata-rata hasil pre-test dan post-test.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan
konsep siswa terhadap implementasi media interaktif pada model pembelajaran
inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik di SMAN 2 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:14
Last Modified: 10 Nov 2025 08:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31403

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini