Sharah, Muftah and Desy, Hanisa Putri and Rosane, Medriati (2022) PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI SMAN 1 REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI MUFTAH SHARAH (A1E018019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan dan perbedaan
peguasaan konsep siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada model
Problem Based Learning pada materi getaran harmonis di SMAN 1 Rejang
Lebong. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan bentuk desain One-
Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian
menggunakan soal test penguasaan konsep. Analisis data menggunakan
perhitungan n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peningkatan penguasaan konsep berdasarkan perhitungan n-gain sebesar
0,63 dengan kategori sedang. Uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan
yang signifikan dengan nilai 0,00 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa
penggunaan multimedia interaktif pada model Problem Based Learning dapat
meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Kata Kunci: Multimedia interaktif, Problem Based Learning, dan Penguasaan
konsep
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:15 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31404 |

