PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK ETNOSAINS MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BENGKULU SELATAN

Lina, Septina Rosa and Eko, Risdianto and Rosane, Medriati (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK ETNOSAINS MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Septina Rosa Lina (A1E018029).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) apakah ada perbedaan hasil
belajar peserta didik di SMAN 06 Bengkulu Selatan dengan menerapkan model
pembelajaran kontekstual berbantuan media komik etnosains dibandingkan model
discovery learning; (2) besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual
berbantuan media pembelajaran komik etnosains dibandingkan model discovery
learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu quasi eksperimen dan
desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun sampel yang
digunakan didalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 di
SMAN 6 Bengkulu Selatan sebanyak 61 orang. Teknik pengambilan sampel
berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal
pre-test dan post-test sebanyak 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini
menujukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran kontekstual) dan kelas kontrol yang di ajarkan
menggunakan model pembelajaran discovery learning. Rata-rata pre-test kelas
eksperimen sebesar 36,83, dan rata-rata pre-test kelas kontrol 37,66 sedangkan
setelah dilakukan proses pembelajaran hasil rata-rata post-test kelas eksperimen
sebesar 60,16 dan kelas kontrol sebesar 47,58. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan
menggunkaan model pembelajaran kontekstual berbantuan komik etnosains
dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan model discovery
learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:36
Last Modified: 10 Nov 2025 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31408

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini