Avyonita, Sirli and Henny, Johan and Andik, Purwanto (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERMODINAMIKA TERINTEGRASI LETUSAN GUNUNG BERAPI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI sirli.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan 3D yang merupakan modifikasi dari
pengembangan dari pengembangan 4D. adapun tahap dari pengembangan 3D
yaitu define (pendefinisian), design (perancangsan), dan develop (pengembangan).
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar pada
materi termodinamika terintegrasi letusan gunung berapi membekalkan
penguasaan konsep siswa. Uji validasi dilakukan oleh dua orang judgement ahli
dan satu orang praktisi serta dilakukan uji keterbacaan untuk mengetahui respon
guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji validasi ahli
didapat rata-rata persentase pada aspek penyajian 91,66%, aspek materi 83,33%,
aspek kebahasaan 85,41%, aspek penguasaan konsep 81,94%, aspek wawasan
kebencanaan 83,33%, aspek kepraktisan produk 83,33%, aspek kelengkapan
penyajian 92,85%, yang berada pada kriteria sangat layak. Adapun hasil uji
keterbacaan untuk mengetahui respon guru terhadap unit pembelajaran
terintegrasi mitigasi bencana ini berada pada kriteria sangat baik dengan
persentase rata-rata sebesar 81,49%.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Termodinamika, Letusan Gunung Berapi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:38 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:38 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31411 |

