LESTARI, AMANDA RITI and Turdjai, Turdjai and Johanes, Sapri (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 47 Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS AMANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) bagaimana
penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemandirian
peserta didik, (2) apakah model problem based learning dapat meningkatkan
prestasi belajar peserta didik, dan (3) efektifitas penerapan model problem
based learning dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian
ini merupakan penelitian kombinasi menggunakan penelitian tindakan kelas
kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian tindakan
kelas adalah peserta didik kelas IV SDN 47 Bengkulu Selatan, sedangkan
kelas eksperimen kelas IV A SDN 39 Bengkulu Selatan dan kelas control IV
SDN 39 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
dan tes prestasi belajar. Analisis data menggunakan rating schale dan uji
beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based
learning dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik,
dan penerapan model problem based learning efektif dapat meningkatkan
prestasi belajar IPS di SDN47 Bengkulu Selatan.
Kata Kunci: problem based learning, kemandirian, prestasi belajar
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:45 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:45 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31466 |

